Profil – Ciptakan Persaudaraan Melalui Wadah Persatuan

Ciptakan Persaudaraan Melalui Wadah Persatuan

profil.jpg

            Sosok pria bertubuh mungil dan berkarisma ini, nampaknya bukan orang asing lagi disalah satu jurusan di kampus negeri di Singaraja. Bercita-cita menjadi orang sukses dan berguna bagi semua membawanya menjadi mahasiswa aktif sekaligus Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Masa Bakti 2017/2018, di Universitas Pendidikan Ganesha. Menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) tentunya tidak mudah, namun dengan alasan yang kuat membuat pria kelahiran 5 April 1997 ini mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Cinta dengan jurusan, mengabdi pada jurusan, dan membuat pengurus HMJ yang sekarang menjadi lebih dari yang sebelumnya merupakan alasan serta tujuan Wisnu bersama dengan seluruh Mahasiwa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika (PTI) lainnya, agar saling mendukung melalui berbagai kegiatan yang menjadi program kerjanya selama 1 tahun kedepan.

            Putu Wisnu Ekaputra, atau sering disapa dengan panggilan Wisnu, memiliki hobi bermain futsal. “Kerja dan wujudkan yang terbaik” itulah motto hidup yang menjadi acuannya selama ini. Motto ini menggambarkan semangat kerjanya sebagai ketua HMJ dan mewujudkan yang terbaik untuk dia dan orang-orang di sekitarnya.

            Identitasnya sebagai Ketua HMJ membuatnya berperan penting dalam upaya untuk mencegah radikalisme di kalangan Mahasiswa PTI. Menurutnya, radikalisme tumbuh karena tidak adanya kepercayaan satu orang dengan orang lain.”Seperti yang kita ketahui sebagai mahasiswa seharusnya sudah mampu berpikiran dewasa dan berwawasan luas tentang bagaimana cara kita mempercayai orang tersebut. Karena kita juga tau sesama umat pasti tentunya memiliki suatu kepercayaan sendiri yaitu sama-sama memuja Tuhan,dan kita percaya adanya Tuhan. Nah maka dari itu berbeda kepercayaan antara satu orang dengan yang lain lainnya. Kita harus percaya bahwa ajaran-ajaran dari kepercayaan tersebut pasti di ajarkan sesuatu yang baik bukan hal yang buruk.” Begitu jelasnya saat diwawancarai di rumahnya.

            Melalui berbagai program kerja yang dicanangkan, seperti adaya komunitas menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan solidaritas serta perbedaan yang dimiliki setiap mahasiswa yang ada di Jurusan PTI. Melalui kegiatan tersebut setiap individu dituntut meningkatkan rasa kekeluargaan dan menghargai perbedaan ras, agama, suku, budaya dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk dapat saling bertoleransi, menghargai perbedaan sesama umat manusia dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila, selain hal tersebut kegiatan ini sebagai salah satu upaya mencegah adanya tindakan radikalisme di kalangan masyarakat khususnya mahasiswa. Karena dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa dapat memahami dan mengerti perbedaan yang ada untuk bersama saling mengisi kekurangan dan kelebihan dari masing – masing individu yang ada dalam komunitas tersebut. Selain kegiatan komunitas tersebut, adapun kegiatan bakti sosial yang ada dalam program kerja yang disusunnya. Bakti sosial ini bertujuan untuk mempererat dan meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat yang ada di sekitarnnya. Kegiatan positif ini akan mampu membuka wawasan mahasiswa untuk mencegah adanya paham ataupun ancaman negatif seperti radikalisme ini.

            Putra pertama dari pasangan Made Arnawa dan Luh Sri Murtiasih, juga menegaskan bahwa dirinya sebagai seorang pemimpin harus bisa bersikap adil baik itu terhadap umat minoritas maupun denga umat mayoritas, karena kita sebagai mahluk sosial harus bisa menghargai perbedaan dan toleransi demi persatuan dan kesatuan NKRI. Harapan kedepan untuk mahasiswa Undiksha khususnya PTI yaitu antara adik tingkat dengan kakak tingkat itu harus saling beriteraksi dengan baik, dalam hal itu bertegur sapa maupun saling bertanya tentang mata kuliah, hal itulah yang membuat kita akan semaakin rukun dan akrab. Selain itu dalam proker HMJ juga ada tentang Get Together, dalam kegiatan tersebut mengajak mahasswa dari semester 1 sampai semester atas untuk saling mempererat kembali kerukunan khususnya di PTI, Ujarnya dengan tegas. Terwujudnya masyarakat yang harmonis dengan segala perbedaan yang ada akan terlaksana jika kita mampu menghargai perbedaan yang ada sebagai suatu keunikan tersendiri. Adanya persatuan dan kesatuan untuk menjaga NKRI yang utuh akan meminimalisir segala ancaman – ancaman negatif yang memecah belah bangsa. Sesama ciptaan Tuhan yang memiliki hak dan kewajiban yang sama seharusnya kita mampu bertoleransi satu sama lain, sehingga diharapkan akan muncul suatu ikatan persaudaraan antar sesama manusia yang bersifat universal.

(IP,GAM)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s